Jumat, 06 Januari 2017

GAGAL BISNIS (lagi)

Godaan buku terlalu besar buatku akhir-akhir ini. Apalagi didukung banyaknya discount dan bebas ongkos kirim dari beberapa penerbit dan sebuah aplikasi. Namun, ATM semakin menipis dan sering dapat teguran mama karena keseringan belanja online. :D. Di samping itu, saya yang masih tak memeras keringat untuk menghasilkan uang, sudah sangat tidak enak untuk minta uang lagi pada orang tua. Hmmm, umur hampir seperempat abad tapi tetap saja parasit. Seharusnya kan saya sudah bisa cari uang sendiri. Kalau bukan karena alasan mau fokus kuliah lagi dan beberapa pertimbangan lain, mungkin saya sudah merantau cari pengalaman dan tentunya, buku. Yaa, setidaknya untuk belanja buku-buku apik tahun ini. hehehe 

Akibatnya, kemarin saya berencana untuk coba-coba cari penghasilan lewat bisnis MLM syar'i. Kebetulan juga melihat postingan salah satu teman medsos tentang bisnisnya yang membuat saya cukup tergiur. Saya coba hubungi teman saya dan bertanya-tanya tentang bisnisnya. Setelah mendapatkan penjelasannya, ada beberapa alasan yang membuat saya tertarik dengan bisnisnya yang satu ini. Namun, ragu tetap saja ada karena label dari bisnis ini. Untuk meyakinkan diri akan kebolehan bisnis ini, saya bertanya dengan beberapa orang. Adik, teman tarbiyah, teman diskusi agama, grup belajar islam di WA, buka web bisnisnya, sampai lihat pendapat beberapa ustadz tentang bisnis itu. Awalnya, saya agak sedikit ragu sih dengan sistemnya. Teman saya seolah bilang bukan A tapi penjelasannya menjelaskan A. Jadinya, malah ragu. Namun, sifat dasar manusia ya.. "Manusia adalah makhluk pembangkang", saya hanya mencari pembenaran atas pendapat saja dan seolah tidak menghiraukan pendapat-pendapat yang sebenarnya bisa dipikir lewat akal sehat, hihihi.

Tetapi, sekali lagi alhamdulillah, Allah perkuat saya. Lebih baik menghindari perkara syubhat dibanding tetap menerjang dengan ilmu yang sangat awam. tak apa. Mungkin rezeki saya bukan lewat sini, kalau memang Allah ridho buku-buku itu saya baca... pasti akan ada jalan. :) Kurang bukti apa lagi untuk melihat kuasa-Nya?

Polewali mandar, 6 januari 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar